Konveksi Murah di Bekasi

Waspada Cashflow Palsu di Quartal 2021 Karena Pandemi

Tunas Garment Sejahtera – Ihwal efek pandemi covid-19 memang membuat semua sektor ekonomi mengalami guncangan dahsyat. Bayangkan hampir satu tahun kita semua dipaksa bertahan di level produksi akibat virus yang entah kapan hilangnya. Di sisi yang lain, untuk bahan baku yang masih impor yakni kapas memang sempat mengalami kenaikan harga. Namun, adanya bahan baku rayon dan poliester yang masih bisa di dapat dari dalam negeri cukup menjadi jalur alternatif saat ini.

Meski begitu, pelaku usaha Konveksi dan sablon cukup gembira karena kondisi pada tahun 2021 ini berangsur membaik meski sangat perlahan. Seperti diketahui, bahwa IHS Markit salah satu perusahaan Informasi dan layanan keuangan di Inggris telah mengeluarkan hasil survey, dimana periode januari 2021 dari sisi industri tren ekspansi pelaku industri cenderung naik di level 52,2.

Hal diatas tentunya didorong dari sentimen positif agenda vaksinasi yang secara tidak langsung meningkatkan daya beli dan transaksi order customer kepada para pelaku usaha Konveksi dan sablon di tanah air. Bahkan industri tekstil di proyeksikan akan menikmati pertumbuhan setidaknya 1-2 persen pada kuartal 1/2021

Hal ini diperkuat dari data Kementerian Perindustrian, jika proyeksi kinerja tekstil tahun 2020 akan minus 5,41 persen dan tahun ini mulai bergerak positif meski masih tipis di level 0,93 persen. Sementara untuk pakaian jadi kinerja akan diproyeksi minus 7,37 persen pada 2020 dan membaik pada posisi 3,75 persen pada 2021 ini.

Yups, pertumbuhan transaksi yang akan dirasakan oleh pelaku usaha Konveksi dan sablon pada kuartal 1/2021 juga mesti di waspadai pada sisi “Cash Flow bayangan” . Pasalnya, peningkatan permintaan pasar tak akan berbanding lurus dengan cash flow bisnis Konveksi dan sablon pasca diterpa pandemi selama satu tahun belakangan ini.

Apa sih cash flow? adalah uang yang didapat dan dikeluarkan dalam periode waktu tertentu dalam menjalani suatu bisnis Konveksi dan sablon. Menurut Investopedia, menilai jumlah, waktu, dan ketidakpastian arus kas (cash flow) adalah salah satu tujuan paling mendasar dari pelaporan keuangan. Memahami laporan arus kas sangat penting untuk menilai likuiditas, fleksibilitas, dan kinerja keuangan perusahaan secara keseluruhan.

Sedangkan “cash flow bayangan” merupakan satu dampak negative dari bisnis Konveksi dan sablon yang mengalami pertumbuhan permintaan pesanan namun dalam kegiatan operasi produksinya tidak menghasilkan cukup uang tunai untuk tetap likuid. Hal ini terjadi karena laba terikat dalam piutang yang mundur akibat efek pandemi selama satu tahun.

Tak heran, dalam masa-masa transisi ini hampir semua pelaku usaha Konveksi dan sablon coba memutar otak agar proses produksi tetap lancar ditengah permintaan pasar yang terus meningkat. Namun disisi lain, mesti berpkir keras agar tak terjebak pada “cash flow bayangan” yang kerap menghantui para pemilik Konveksi dan sablon di tanah air.

Menurut hemat penulis, ada empat cara agar pelaku usaha Konveksi dan sablon tidak terjebak pada “cash flow bayangan. Pertama, membuat serangkaian kesepakatan-kesepakatan dengan customer, bahwa pelunasan tidak mundur dari kesepakatan diawal. Kedua, negoisasi dengan melakukan dua kali pembayaran (50% down payment + 50% setelah pesanan jadi). Ketiga, negoisasi dengan melakukan tiga kali pembayaran (30% down payment awal + 40% setelah proses produksi berjalan 50% + 30% setelah pesanan jadi secara keseluruhan). Keempat, Melakukan edukasi kepada customer agar dapat memahami kondisi keuangan Konveksi dan sablon selama pandemi.

Jika empat hal diatas tidak berjalan, maka kita hanya akan menjalani jalan yang itu-itu saja. Kecuali jika kita memang benar-benar ingin keluar dari jebakan “cash flow bayangan” agar dapat terus mengembangkan usaha hingga puluhan atau ratusan tahun tahun kedepan.

Sekali lagi, meningkatnya permintaan pasar mesti menjadi alarm untuk para pelaku usaha Konveksi dan sablon setelah arus kas mengalami sisi negatif hingga akhir tahun 2020. Melawan jebakan efek pandemi memang dibutuhkan keberanian. Bukan saja keberanian untuk sukses, tapi untuk merapihkan Kembali arus kas usaha Konveksi dan sablon.

Open chat
Butuh Bantuan?
Halo, ada yang bisa dibantu?